Jasa ISO Mengenal Sejarah, Tujuan & Jenis ISO Populer
Jasa ISO Mengenal Sejarah, Tujuan & Jenis ISO Populer

Jasa ISO – ISO atau The International Organization for Standardization adalah istilah yang tak asing pada dunia industri. Perusahaan yang menginginkan produknya diakui secara global pasti berusaha untuk memiliki sertifikat ISO, baik secara mandiri atau melalui jasa ISO.

Keberadaan ISO sebagai tolak ukur taraf internasional untuk standarisasi pada bidang industri komersial di dunia semakin dibutuhkan di era globalisasi. Tak heran jika kebutuhan akan jasa ISO pun ikut meningkat.

Bagi Anda yang sedang mencari jasa ISO untuk pengurusan sertifikasi bisa menyimak uraian artikel ini. Di sini akan dijelaskan secara detail mengenai sejarah, tujuan serta beberapa jenis ISO agar Anda lebih paham.

Selayang Pandang Tentang ISO

ISO adalah sebuah organisasi independen bertaraf internasional yang berkaitan dengan standarisasi atas suatu produksi baik barang ataupun di bidang jasa. Sebagai badan internasional sudah tentu ISO beranggotakan wakil dari badan standardisasi nasional negara.

Untuk memudahkan penyebutan istilah, maka para pendiri organisasi sepakat menggunakan istilah yang seragam yaitu The International Organization for Standardization (ISO).

Keberadaan ISO menjadi penting ketika dunia memasuki era globalisasi yang mampu menghapuskan batas geografis antar negara. Agar berbagai perusahaan dapat melakukan ekspansi produk lintas wilayah maka ada beberapa syarat dan ketentuan sebagai acuan mutu.

Hal tersebut karena telah terjadi persaingan bisnis yang nyata dan menjadi semakin ketat. Perusahaan dari semua negara harus mampu untuk untuk mengembangkan produknya sesuai mutu agar memenangkan persaingan.

Karena itulah maka pada akhirnya pengembangan produk saja tidak cukup. Konsumen semakin lama memiliki kebutuhan akan mutu produk yang juga harus meningkat.  Itulah sebabnya akhirnya muncul keinginan untuk menciptakan suatu standar mutu yang bernilai sama.

Cara tersebut bertujuan untuk menguatkan sekaligus meningkatkan kinerja internal perusahaan. Metode yang terpilih adalah melakukan penerapan The International Standard of Organization (ISO). ISO ini berlaku pada semua produk barang dan jasa di dunia bisnis.

Sejarah ISO Di Dunia Bisnis

Organisasi ISO tercatat berdiri pertama kali pada tanggal 23 Februari 1947. Awal pendirian organisasi ISO ini atas inisiatif 25 orang delegasi negara. Delegasi dari 25 negara tersebut saat itu mengadakan pertemuan di London satu tahun sebelumnya, yaitu tahun 1946.

Pertemuan tersebut bertempat di Institute of Civil Engineers dan berhasil merumuskan pembuatan standar industri secara internasional. Standar mutu bertaraf internasional tersebut meliputi banyak bidang di dunia industri komersial.

Contohnya adalah standar mutu pada peti kemas untuk pengiriman barang atau standar mutu pada tata cara pembayaran perbankan. Contoh lainnya adalah standar mutu pada berbagai metode pengujian produk atau standar mutu di bidang protokol komputer dan lain sebagainya.

Hingga saat ini ada lebih dari 16.500 jenis standar yang telah tercipta sepanjang sejarah lembaga tersebut berdiri. Koneksi internasional ISO telah melingkupi sekitar 157 buah lembaga standarisasi nasional di seluruh dunia.

Hingga saat ini kedudukan kantor pusat ISO adalah di Kota Jenewa, Swiss.

Meski merupakan sebuah lembaga atau organisasi yang bertaraf internasional, namun standarisasi ISO tidak mengikat. Hal tersebut karena ISO pada dasarnya merupakan sebuah lembaga swasta.

Usul standarisasi ISO sangat terbuka bagi setiap perwakilan negara anggota karena lembaga ini bersifat demokratis. Pengajuan suara tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan pada saat para anggota akan merumuskan sebuah standarisasi yang baru.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi lahirnya sebuah standar ISO antara lain adalah adanya tren pasar dan suara konsumen. Selain itu terdapat juga komponen kebijakan pemerintah dari berbagai negara di dunia, serta berbagai faktor lainnya.

Jenis Standarisasi Oleh ISO

Standarisasi yang tercipta dari ISO sangat jelas, yaitu berkaitan dengan mutu atas suatu barang atau jasa yang merupakan hasil produksi suatu perusahaan. Standar mutu tersebut biasanya akan berkaitan dengan beberapa hal berikut:

  • Rancangan standar kualitas barang atau jasa produksi.
  • Standar dan mutu keamanan baik proses produksi maupun hasil produksi.
  • Standar pertukaran produk (barang atau jasa).
  • Standar mutu bahasa operasional termasuk juga terminologi umum.
  • Standar mutu terhadap klasifikasi bahan.
  • Standar mutu atas metode pengujian bahan baku serta hasil produksi.
  • Standar mutu produksi.
  • Standar pengolahan limbah produksi serta penanggulangan polusi lingkungan
  • serta masih banyak lagi lainnya.

Berbagai standarisasi yang tercipta tersebut akan menjadi alat bantu bagi berbagai perusahaan serta negara di dunia. Yaitu pada saat akan melakukan perdagangan bertaraf internasional untuk saling mendapatkan barang dan jasa yang bermutu tinggi.

Tanpa adanya suatu standarisasi secara global, maka akan susah memilih tolak ukur atas mutu suatu hasil produksi. Oleh karena itulah sangat penting bagi perusahaan di dunia untuk memakai sertifikasi ISO sebagai standar mutunya, melalui jasa ISO.

Tujuan & Manfaat ISO Bagi Perusahaan Industri Komersial

Ada banyak sekali manfaat dari pembuatan sertifikasi ISO baik melalui jasa ISO atau melakukannya secara mandiri. Berikut beberapa manfaat sekaligus tujuan pembuatan ISO terutama bagi perusahaan bidang industri komersial, yaitu:

1. Meningkatkan Nilai Kredibilitas

Manfaat pertama adalah adanya jaminan peningkatan mutu nilai kredibilitas baik bagi suatu perusahaan atau organisasi ketika telah melakukan penerapan ISO. Selain itu melalui penerapan standarisasi mutu maka hasil produksi akan bernilai positif di mata para konsumen.

Bukti penerapan mutu tersebut akan berbentuk sebuah Sertifikat dengan nomor sesuai jenis penerapan ISO, yang pengurusannya dapat melalui jasa ISO.

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Masih berkaitan dengan manfaat sebelumnya, peningkatan nilai kredibilitas suatu perusahaan atau organisasi akan membuat kepuasaan dan kepercayaan konsumen ikut meningkat. Akhirnya hal tersebut juga akan berdampak pada peningkatan penjualan produk.

3. Menjadi Jaminan Kualitas Internasional

Sertifikat ISO (The International Organization for Standardization), yang bisa Anda peroleh melalui bantuan jasa ISO adalah ukuran mutu secara global. Oleh karena itu perusahaan yang melakukan penerapan standar mutu tersebut pasti memiliki jaminan berkualitas global.

4. Menekan Biaya Produksi

Secara tak langsung penerapan sistem manajemen perusahaan dengan memakai standar ISO akan mampu mencegah terjadinya pemborosan anggaran dan biaya produksi. Yang mana pemborosan biaya anggaran dan produksi biasanya berkaitan dengan kinerja yang buruk.

Dengan penerapan suatu standar sistem kerja maka saat ada indikasi menurunnya kinerja dapat diminimalisir dengan upaya antisipasi berdasarkan ISO. Hal ini pada akhirnya akan membuat kinerja meningkat dan hasil produksi dapat sesuai nilai standar mutu global.

5. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Manfaat penerapan ISO pada setiap unit kerja yang ada di suatu perusahaan akan ikut mengangkat kinerja karyawannya. Para pekerja akan tahu tolak ukur nilai keberhasilan atas tanggung jawabnya masing-masing.

Tentunya hal tersebut akan membuat kinerja semua karyawan meningkat sesuai dengan penerapan standar mutu global. Dengan begitu maka kualitas produksi, efisiensi serta produktivitas perusahaan akan dapat tercapai.

6. Meningkatkan Image Perusahaan

Manfaat terakhir dari perusahaan yang telah bersertifikasi ISO adalah meningkatnya image perusahaan. Yang mana image perusahaan yang menerapkan standar ISO pasti jauh lebih baik di mata industri global.

Oleh karena sangat penting sekali Anda mengurus sertifikasi ISO perusahaan melalui bantuan layanan jasa ISO yang kredibel.

Jenis Sertifikasi ISO yang Populer di Indonesia

Ada beberapa jenis penerapan Sertifikasi ISO yang populer di tanah air, yaitu:

1. ISO 9001 = Quality Management Systems

Sertifikasi ISO 9001 ini juga dapat Anda peroleh melalui layanan jasa ISO. ISO jenis ini merupakan standar berlevel internasional pada bidang manajemen mutu.

Sebuah perusahaan atau organisasi yang telah memiliki Sertifikat ISO 9001 berarti memenuhi persyaratan dalam hal manajemen mutu produk dan jasa di taraf internasional. Tentu saja setelah perusahaan tersebut melalui Pelatihan ISO 9001 Quality Management Systems. 

Jenis ISO 9001 ini bersifat generic. Maksudnya penerapan standar mutu ini dapat berlaku baik pada organisasi atau perusahaan besar maupun kecil apapun jenis produk dan layanannya.

2. ISO 45001

Selanjutnya ada ISO 45001 yang pertama kali rilis pada 12 maret 2018. ISO ini adalah standar internasional untuk penetapan persyaratan serta pedoman manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3).

ISO 45001 bertujuan sebagai kerangka kerja yang kuat dan efektif demi mengurangi risiko yang sangat berbahaya di tempat kerja. Untuk memiliki sertifikasi ini maka suatu perusahaan harus mengikuti Pelatihan ISO 45001 terlebih dahulu.

Dengan penerapan ISO Occupational Health and Safety Management Systems maka suatu perusahaan telah menciptakan tempat kerja yang sehat dan aman.  Baik bagi para karyawannya, kontraktor, pemasok, maupun tamu perusahaan.

Di tanah air ISO 45001 menjadi tolak ukur dari penerapan K3 demi mengurangi terjadinya kecelakan kerja. Oleh karena itulah penerapan ISO 45001 ini menjadi sangat penting sekali. Untuk pengurusan sertifikasi ISO ini dapat Anda peroleh lewat penyedia layanan jasa ISO.

3. ISO 14001 = Environmental Management Systems

Selanjutnya ada ISO 14001 yang menjadi standar global dalam penetapan persyaratan manajemen yang terstruktur bagi perlindungan lingkungan. Ini artinya perusahaan yang memiliki sertifikat ISO 14001 telah berkomitmen mencegah terjadinya polusi lingkungan.

Jadi melalui penerapan standar mutu pada proses produksinya, maka aktivitas produksi perusahaan mampu mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

Tak berhenti hanya sampai di situ, perusahaan pemegang ISO juga telah berkomitmen untuk melakukan perbaikan lingkungan secara kontinyu dan berkesinambungan.

Sertifikasi sistem manajemen lingkungan ini penerapannya menyasar pada berbagai jenis perusahaan atau organisasi. Mulai dari organisasi profit, non-profit, atau organisasi yang pengelolaannya di bawah pemerintah sekalipun.

Penerapan ISO ini meliputi keseluruhan isu lingkungan, mulai dari pencemaran udara, pencemaran air serta limbah cair. ISO 14001 ini juga mengatur mengenai pengelolaan limbah, kontaminasi tanah, adaptasi perubahan iklim lingkungan serta efisiensi sumber daya.

Jangan lupa, Anda dapat mempercayakan pengurusan ISO jenis ini melalui jasa ISO yang banyak terdapat di tanah air. Sehingga tak ada alasan repot, tak punya waktu atau belum sempat lagi untuk menyegerakan perusahan milik Anda memiliki ISO 14001.

4. ISO 27001 = Information Security Management Systems

ISO 27001 yang sertifikasinya bisa Anda peroleh lewat jasa ISO ini adalah standar internasional yang mengatur sistem pengelolaan keamanan informasi.

Melalui pelatihan ISO 27001 ini maka perusahaan peserta diharapkan akan mampu membangun dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi (ISMS).

Dengan begitu maka perusahaan akan menunjukkan pada para pemilik kepentingan dan para pelanggan bahwa perusahaan Anda telah melakukan upaya terbaik. Sehingga para pelanggan pun merasa lebih aman dan terjamin saat melakukan kerja sama.

5. ISO 37001 = Anti-Bribery Management Systems

ISO 37001 berguna sebagai tolak ukur bertaraf internasional untuk penerapan sistem manajemen anti suap. Penerapan standar ISO ini akan dapat membantu perusahaan dalam membuat, menerapkan, memelihara serta meningkatkan program anti suap.

Penerapan ISO 37001 berguna bagi berbagai jenis organisasi atau perusahaan. Baik itu perusahaan atau organisasi berskala besar atau kecil dan berbasis layanan publik ataupun yang pengelolaannya oleh pemerintah.

Penerapan ISO 37001 tidak serta merta memberikan jaminan utuh jika pada suatu perusahaan atau organisasi telah terbebas dari suap. Sebab penerapan ISO 37001 ini pada dasarnya merupakan bentuk kepatuhan serta merupakan langkah tepat untuk mencegah aksi penyuapan.

Karena penerapan ISO ini berkaitan dengan kredibilitas perusahaan untuk bersaing secara internasional, maka jangan lupa melakukan sertifikasinya melalui jasa ISO.

6. ISO 22000 = Manajemen Pangan

ISO 22000 erat kaitannya dengan sistem pengelolaan keamanan di bidang pangan. Sertifikasi standar internasional ini sangat penting bagi pebisnis di bidang usaha makanan dan minuman. Yaitu berkaitan dengan aspek kesehatan dan keselamatan bagi para konsumen.

Penerapan ISO 22000 membuat para pebisnis bidang kuliner harus mampu untuk menaikkan kontrol internal pada bagian produksinya. Yaitu adanya penerapan rencana proses dan pengendalian resiko pada setiap produk makanan dan minumannya.

7. ISO TS 16949 = Manajemen Mutu Industri Otomotif

Jasa ISO TS 16949 akan memberikan sertifikasi pada sistem manajemen mutu bagi industri bidang otomotif. ISO ini akan menjadi tolak ukur pada konsep perbaikan yang berkelanjutan, kontrol terhadap rantai pemasok, serta kontrol mutu dalam kegiatan perbaikan dan pencegahan.

8. ISO IEC 17025

ISO IEC 17025 adalah standar internasional yang berkaitan dengan tata kelola sebuah lembaga pengujian dan laboratorium. Fokus utama dari penerapan ISO IEC 17025 ini adalah penekanan terhadap kompetensi dan kalibrasi pada suatu laboratorium.

9. ISO 28000

Jasa ISO 28000 akan memberikan perusahaan Anda sertifikasi pada sistem keamanan rantai pasokan. Penerapan ISO ini terutama bagi perusahaan yang memiliki tingkat ancaman resiko tinggi. Misalnya pada perusahaan manufaktur alat berat, pertambangan dan perbankan.

10. ISO 5001

Yang terakhir adalah ISO 5001 yang memberikan patokan standar internasional pada sistem manajemen energi. Penerapan ISO 5001 ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam membangun sistem dan proses pemanfaatan energi.

Bagi Anda yang ingin memproses sertifikasi ISO, dapat menghubungi GudangSertifikasi.com yang merupakan salah satu penyedia layanan jasa ISO yang kredibel. Dengan komposisi tim pelaksana yang handal dan berpengalaman maka GudangSertifikasi.com siap melayani Anda.

Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda menggunakan jasa ISO GudangSertifikasi.com. Yang pertama tim pelaksana sangat berpengalaman dan profesional, karena telah beroperasi sejak tahun 2016 yang lalu.

Selain itu tim GudangSertifikasi.com juga responsif dalam memberikan pelayanan terhadap kebutuhan Anda. Yang juga penting jasa layanan yang tersedia memiliki banderol harga yang sangat terjangkau.

Nah jika Anda berminat, silahkan kontak ke web GudangSertifikasi.com atau WA/Telp ke nomor +62 813-6336-9746 untuk informasi detail. Atau bisa juga berkirim email ke gudang.sertifikasi@gmail.com.

Memiliki Sertifikat ISO melalui jasa ISO akan menjadi solusi handal bagi perusahaan Anda untuk go internasional. Selain mendapatkan pengakuan di mata dunia, terdapat beragam manfaat lainnya yang juga pasti menguntungkan.

Facebook
Email
WhatsApp
Rate this post
Chat Kami!
1
Butuh Bantuan ?
Hello, Silahkan Chat Kami